Baitul Qur’an Salimah Bojonggede Adakan Pelatihan Tajwid Tingkat Lanjut

by -21 Views

Bogor (2/7) – Baitul Qur’an Salimah (BQS) PC Salimah Bojonggede, kabupaten Bogor adakan pelatihan Tajwid tingkat lanjut dengan tema “Semarak Al Qur’an: Training Tajwid Next Level” pada Sabtu (2/7/2022).

Kajian yang berlangsung mulai pukul 09.00 WIB hingga 11.30 WIB ini diikuti oleh anggota BQS dan para pengajar di 6 BQS yang ada di PC Salimah Bojonggede.

Seperti diketahui, PC Salimah Bojonggede mempunyai 6 BQS yang ada di tingkat PC hingga PRa, diantaranya BQS At Taubah dengan koordinator Suyati, BQS Mir’atus Shalihah dengan koordinator Dian Riawati, BQS Mutiara Baru dengan koordinator Evi Mufidah, BQS Rawa Panjang dengan koordinator Kuwati, BQS Al Fath Pabuaran dengan koordinator Eti Rusmiati, dan BQS Aisyah Pabuaran dengan koordinator Kasmiati.

Dian Riawati, koordinator BQS PC Salimah Bojonggede dalam sambutannya mengungkapkan bahwa tujuan diadakannya acara ini diantaranya adalah memberikan bekal kepada guru Al Qur’an yang ada di Salimah, sebagai sarana silaturahmi antar guru BQS, serta memberikan semangat baru untuk terus belajar dan menanyakan segala kesulitan yang dihadapi dalam mengajarkan Al Qur’an.

Eti Rusmiati, ketua Departemen Dakwah mewakili Ketua PC Salimah Bojonggede, turut menyampaikan pesannya.

“BQS adalah salah satu dakwah melalui Al Qur’an, yang saat ini sebagian pengajian hanya ngaji mendengarkan saja, namun di BQS ini kita sama-sama belajar mengaji dan mengkaji Al Qur’an sesuai hukum tajwidnya. Semoga kedepannya BQS PC Salimah Bojonggede lebih maju dan berkembang lagi,” ujar Eti.

Dihadiri oleh hampir 50 orang peserta, pelatihan yang rutin diselenggarakan 3 bulan sekali ini diselenggarakan di Masjid Al Ikhwan, perumahan Puri Bojong Lestari 2, desa Pabuaran, kecamatan Bojonggede, kabupaten Bogor. Selain itu, acara juga disiarkan langsung melalui Facebook PRa Salimah Pabuaran, salah satu PRa yang ada di PC Salimah Bojonggede.

Ustaz Achmad Syaefillah sebagai narasumber tetap pelatihan guru BQS kali ini menyampaikan tentang Shifatul Huruf.

“Sifat-sifat huruf yang tidak memiliki lawan dibagi menjadi 7 macam. Yaitu Shafiir, Qolqalah, liin, inhiraf, Takrir, tafasyi, Istithalah. Sifat-sifat huruf yang berlawanan terdiri dari 5 sifat, ditambah lawannya 5 sifat hingga menjadi 10 yaitu: Jahar (jelas) Hamas (samar), Siddah (kuat) Rakhawah (lemah), Isti’la (terangkat) Istifal (turun), Ithbaq (tertutup) Infitah (terbuka), Ismat (diam) idlaq (lancar),” terang ustaz Fillah yang juga trainer Qur’an dengan metode BILQIS dan pengajar tahsin di FHQ Nisa Kreatif, Bogor ini.

Acara pun ditutup dengan pembagian doorprize bagi peserta yang datang lebih awal dan menjawab pertanyaan dari Ustaz.

(Humas PRa Salimah Pabuaran: Yuni Astuti, Nur Ita )