Salimah Jonggol Ajak Warga Peduli Lingkungan

by -23 Views

Jonggol (21/08) – Bank Jelantah Salimah merupakan program unggulan di Kabupaten Bogor khususnya di Kecamatan Jonggol. Program ini berada di Departemen Ekonomi PC Salimah Jonggol, sebagai salah satu upaya penggalangan dana sosial yang diambil dari sebagian hasil penjualan minyak jelantah.

Bank Jelantah Salimah mengumpulkan minyak jelantah untuk dijual kepada perusahaan yang bergerak di bidang produksi bahan bakar biodiesel. Selain digunakan untuk dana sosial PC Salimah Jonggol, sebagian hasil penjualan juga disampaikan kepada ibu-ibu yang mengepul dan menyetorkan minyaknya. Jika sudah mencapai jumlah tertentu Ibu-ibu dapat mengambilnya berupa uang tunai atau dapat ditukarkan dengan emas mini.

Dua tahun sudah program ini berjalan, hingga kini jumlah nasabah sudah mencapai hampir 100 orang. Tanpa dukungan dari RT, RW dan warga setempat, tidak mungkin program ini berjalan dengan sangat baik. “Dalam momen hari kemerdekaan ini Republik Indonesia yang ke – 77, PC Salimah Jonggol memberi bingkisan kepada Ketua RW, Ketua RT dan juga warga setempat sebagai bentuk apresiasi terhadap kesuksesan program”, ujar Bu Susi Lismaenah, selaku Direktur Bank Jelantah Salimah Jonggol.

Semoga program ini berkelanjutan karena banyak manfaatnya yakni menambah penghasilan bagi ibu-ibu yang bersedia mengumpulkan minyak jelantah. Selain itu, dengan menjual minyak jelantah pada Bank Jelantah Salimah, berarti ibu-ibu juga turut serta beramal bersama kegiatan sosial Salimah. Dan yang terpenting adalah ibu-ibu berperan nyata dalam upaya mencintai bumi Indonesia, dengan mengurangi pengolahan limbah jelantah yang dapat merusak lingkungan.