Salimah Rajabasa Gelar Tarhib Ramadan

by -17 Views

Lampung (14/3) – PC Salimah Rajabasa Lampung Selatan sukses mengadakan kegiatan Forum silaturahmi (FORSIL) sekaligus tarhib ramadan pada hari selasa, 14 maret 2023  yang bertempat di masjid Al Hidayah Desa Sukaraja Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan.

Acara ini dimotori oleh Departemen Dakwah PC Salimah Rajabasa bekerja sama dengan Pra Salimah Sukaraja kec Rajabasa Lampung Selatan.
Kegiatan ini di adakan dalam rangka menyambut bulan ramadan yang sebentar lagi tiba agar dapat mempersiapkan diri dalam menjalani bulan ramadan tahun ini dengan sebaik-baiknya.
Selain itu juga untuk mempererat tali silaturahim dengan ibu-ibu majelis taklim.

Tarhib dihadiri oleh puluhan peserta antara lain Warsiati selaku ketua PC Salimah Rajabasa beserta jajaran pengurus, Ketua Pra Salimah Sukaraja beserta jajaran pengurus, Zainah Selaku narasumber sekaligus Ketua Departemen Dakwah Salimah Lampung Selatan, Aan Saputri selaku ketua Departemen Humas PD Salimah, Fatmi selaku ketua tim penggerak PKK desa Sukaraja, Masyifah selaku ketua Majelis Taklim Safinatunnajah serta puluhan ibu-ibu majelis Taklim dari berbagai desa.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci dan di lanjutkan dengan sambutan-sambutan.

Warsiati selaku Ketua PC Salimah Rajabasa mengatakan bahwa kita harus mempersiapkan diri dan gembira dalam menyambut bulan ramadan sehingga dapat khusyu’ dalam menjalani ibadah ramadan.

Acara dilanjutkan dengan materi tarhib ramadhan yang disampaikan oleh Ustazah Zainah tentang ramadan. Ia menyampaikan hadits bahwa barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadan dengan penuh keimanan maka akan diberi ampunan oleh Allah SWT.

Tingkatan puasa Ramadan antara lain:
1. Puasa orang awam, yaitu ketika berpuasa hanya mendapat lapar dan dahaga.
2. Puasa orang yang khowas (orang yang khusus)
Yaitu puasa nya orang-orang yang sholih
3. Puasanya orang yang khowas bil khowas (khusus di atas khusus) yaitu puasanya para nabi yang sudah tidak memikirkan kepentingan dunia.

Ia juga menyampaikan bahwa ada tiga hal yang perlu di persiapkan dibulan ramadan antara lain akal yang sehat, jasad yang kuat, dan hati yang bersih

Ketiganya saling berkaitan dalam kita menjalani ramadan, dengan akal yang sehat,  jasad yang kuat serta hati yang bersih maka kita akan khusyu’ dan maksimal dalam menjalankan ibadah di bulan ramadan.

Selain tiga hal di atas yang harus dipersiapkan adalah pengetahuan tentang rukun dan sunah puasa agar diterima oleh Allah SWT.

Rukun puasa adalah niat karena Allah SWT dan menjauhkan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa. Sedangkan sunah puasa antara lain mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka, memperbanyak membaca Al -Qur’an, memperbanyak shodaqoh, dan memberi makan orang-orang yang berpuasa

Keutamaan Bulan Ramadan adalah bulan seluruh umat islam dan kita di anjurkan untuk banyak melakukan ibadah dibulan ramadan, karena di bulan ramadan terdapat keutamaan-keutamaan antara lain:

1. Bulan ramadan turun nya Al Qur’an 17  ramadan
2. Syaitan dibelengu
3. Pintu neraka ditutup dan pintu syurga dibuka
4. Terdapat malam yang istimewa dan lebih baik dari seribu bulan yaitu malam lailatul qodar.

Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan kegiatan ini berlangsung hangat dengan adanya diskusi dengan ustazah Zainah, para peserta menanyakan hal -hal seputar ibadah ramadan dan pelaksanaannya.

Acara di tutup dengan doa menyambut bulan ramadan yang di pimpin oleh ustadz Suja’i.

“Semoga kita semua di beri kesehatan dan kekuatan agar bisa menjalani ibadah ramadan ini dengan baik sehingga ramadan tahun ini bisa lebih berkualitas dari ramadan tahun kemarin Aamiin,” ucapnya.