Salimah Karangan Jalin Kerjasama dengan Rumah Zakat Persembahkan Ramadhan Camp 1444 H

by -31 Views

Trenggalek (19/4/2023) – Menutup rangkaian agenda di Ramadhan 1444 H, PC Salimah Karangan bekerja sama dengan LAZNAS Rumah Zakat (RZ), menggelar Ramadhan Camp 1444 H. Bertempat di Musholla Nururrohmah, Desa Kedungsigit Kec. Karangan, Kab. Trenggalek, serangkaian acara mulai dari pagi hingga selesai sholat tarawih berlangsung seru.

Sesuai dengan rundown acara yang telah dibuat panitia, pada jam 07.00 peserta Ramadhan Camp sudah mulai berdatangan. Mereka tampak antusias dan bersemangat ketika melakukan registrasi dan mengisi daftar hadir.

Segmentasi peserta Ramadhan Camp pada kesempatan tahun ini, dibatasi khusus hanya anak- anak seusia SD, yaitu antara 7 s/d 12 tahun. Namun demikian, untuk jenis kelamin, tidak ada pembatasan, anak laki-laki maupun perempuan diperbolehkan untuk ikut mendaftar. Keseluruhan peserta sebanyak 35 anak, berasal dari beberapa kecamatan di sekitar wilayah Karangan

Hadir dalam pembukaan acara, Ketua Salimah PD Trenggalek, Esti Ambar Widyaningrum. Sedangkan dari Rumah Zakat dihadiri oleh Relawan Inspirasi RZ, Elita Kinanti dan Alik Kusnawati.

Dalam sambutannya, Esti Ambar memberikan apresiasi terhadap program-program yang digulirkan oleh PC. Karangan.

“Kinerja yang luar biasa, dari awal hingga jelang akhir Ramadhan PC Karangan istiqomah menebar kemanfaatan bagi masyarakat sekitar, baik program Nasional Salimah maupun program lain atas inisiatif dan kreativitas PC. Barakallah PC Karangan,” ucap Esti.

Ramadhan Camp dibuka pada pukul 08.00 oleh Relawan inspirasi Rumah Zakat, Elita Kinanti Larasati. Kegiatan pertama setelah pembukaan adalah sholat dhuha yang dirangkai dengan membaca al ma’tsurat berjamaah.

Sesuai dengan tema yang diangkat, yaitu ‘Sehari Bersama Al Qur’an’, pada sesi berikutnya peserta dibagi menjadi 5 kelompok. Masing-masing kelompok melakukan tilawah bergilir (baca simak) dengan pembagian juz yang berbeda. Dengan pendampingan dari kakak pendamping, kegiatan tilawah berjalan lancar.

Dalam sesi Al Qur’an Berkisah, narator dan pakar bercerita dari LPIT Permata Ummat, Ustadzah Megawati dan Meta membawakan kisah heroik seorang sahabat Nabi dan juga Khulafaur Rosyidin, dialah Umar bin Khatab ra.

Kolaborasi Mega dan Meta mampu menghipnotis seluruh peserta, sehingga mereka fokus pada cerita dan mampu mengambil hikmah yang tersirat maupun tersurat pada cerita.

Tatkala kegembiraan terasa, maka waktu yang lamapun terasa singkat. Istirahat siang, sholat dhuhur, halaqoh Ilmu berkelompok, game tebak dan sambung surat, terlewati pula tanpa terasa.
Selepas agenda shalat Ashar dan renungan Ramadhan bersama Ustadz Fahmi Rizal, takmir musholla Nuururrohmah, agenda dilanjutkan dengan pembagian takjil kepada tetangga sekitar musholla, sampai jelang waktu berbuka. Agenda Ramadhan Camp ditutup dengan Shalat Tarawih berjamaah.

“Semoga Ramadhan Camp mampu mencetak generasi Qur’an yang berakhlaqul kharimah dan meneladani Rosulullah dalam kehidupan sehari-hari. Kami berharap, semoga semoga di tahun depan Allah memberikan keluasan umur sehingga bisa berjumpa Ramadhan 1445 H, dan kembali menggelar Ramadhan Camp dengan segmen yang lebih luas, InsyaAllah,” harap Nina Wiji Astuti, selaku penanggungjawab Ramadhan Camp yang disampaikan saat penutupan acara.

(Tim Humas PD Salimah Trenggalek)