Salimah Tulungagung Bekali Peserta Serasi Keterampilan Dasar Memasak

by -20 Views

Tulungagung (4/6) – Keterampilan yang sebaiknya dimiliki oleh setiap orang, terutama perempuan, adalah memasak. Baik memasak untuk diri sendiri maupun untuk keluarga. Memasuki usia menikah, setidaknya seorang perempuan perlu membekali diri dengan keterampilan dasar memasak untuk keluarga kecilnya kelak.

Kepada peserta Sekolah Pranikah Salimah (Serasi), pemilik Dapur Marwah Tulungagung, Sri Hekso Titi Rahayu, menyebutkan setidaknya ada tujuh keterampilan dasar memasak yang wajib dimiliki oleh seorang perempuan.

Pertama, kemampuan memilih bahan makanan. Bahan makanan, kata perempuan yang akrab dipanggil Titi ini, haruslah berkualitas baik dan segar.

“Kualitas baik dan segar untuk memastikan kandungan gizi tetap terjaga dan makanan yang dihasilkan terjaga kualitasnya,” kata Titi yang menjadi nara sumber Sekolah Pranikah Salimah Tulungagung pada Ahad (4/6) pagi di Sekretariat Salimah, Klinik Cordova Tulungagung.

Kedua adalah keterampilan memotong bahan makanan.

“Memotong bahan makanan memiliki aturan tersendiri. Memotong wortel untuk sup atau wortel untuk capcay tentu berbeda, baik dari segi bentuk maupun ketebalan. Kita juga perlu belajar memotong bahan secara cepat, rapi dan presisi,” kata Titi.

Ketiga adalah tentang penggunaan pisau. Kita perlu memastikan pisau yang kita pakai tajam dan bersih.

Keterampilan keempat adalah mengetahui tata cara mengolah setiap bahan makanan.

“Dimulai dari mencuci, memotong, dan memarinasi sesuai makanan yang dibuat. Kecepatan matang setiap bahan bakanan berbeda, karenanya kita perlu mengetahui bahan apa yang cepat matang dan yang tidak,” ujar Titi.

Kelima adalah pengetahuan akan resep berbagai masakan.

“Pengetahuan ini penting agar kita bisa mengolah menu makanan yang bervariasi, sehingga tidak bosan dengan makanan yang itu-itu saja.”

Keenam adalah perlunya manajemen waktu dalam memasak.

“Manajemen waktu ini penting agar kita tidak terlalu lama berkutat di dapur dan bisa menyelesaikan pekerjaan lain dengan baik,” tutur ibu empat putra ini.

Keterampilan terakhir adalah menjaga kebersihan dan kerapian dapur. Kebersihan dapur menjamin kebersihan masakan, sedangkan kerapian dapur akan membantu bekerja lebih cepat dan efisien. (fat)