Pelatihan Guru Quran Majelis Taklim Salimah Gorontalo Disambut Antusias Para Calon Musyrifah

by -91 Views

Gorontalo (5/11) – Bertempat di Mesjid Baiturrahim Isimu Kabupaten Gorontalo, Departemen Dakwah Pimpinan Wilayah Persaudaran Muslimah (PW Salimah) Provinsi Gorontalo bekerjasama dengan Rumah Quran Ar Rahman dan Griya Quran Gorontalo, menggelar pelatihan Guru Quran Majelis Taklim. Kegiatan yang menghadirkan sekitar 50 calon guru Quran dari sekitar 40 majelis taklim Se-Kabupaten Gorontalo ini mengambil tema “Mulia dengan Menjadi Guru Quran”.

“Kami berharap orientasi program majelis taklim di Kabupaten Gorontalo ini adalah pembelajaran Quran. Namun selama ini kami merasakan kurangnya sumber daya yang bisa mengajarkan Quran dengan baik. Pelatihan ini diharapkan bisa membantu majelis taklim memiliki penggerak Quran sehingga program Quran bisa terus digulirkan,” jelas Fatmah Hatlah, Pembina Rumah Quran Ar Rahman.

Pemberi materi dalam pelatihan ini adalah Ustazah Yeni Mulyati, S. hum, M. Ec. dan Ustazah Citra Arini Akuba, S.Psi.

Dalam pemaparan materinya, Ustazah Yeni Mulyati mengawali penjelasan dari hadits yang sangat masyhur riwayat Imam Bukhari nomor 5027 yaitu sebaik-baik manusia adalah yang mempelajari Quran dan mengajarkannya.

“Hadist ini yang mendorong saya untuk hadir disini sekarang,” ujar Ustazah Yeni menirukan ucapan As Sulaimy tentang fadilah menjadi guru Quran.

Selanjutnya, Ketua Departemen Dakwah PW salimah Gorontalo ini menjelaskan siapa sebenarnya ahlul Quran menurut Ibnu Qoyyim.

“Mereka adalah orang-orang yang memahami dan mengamalkan Quran meskipun belum hapal dalam hatinya,” jelas hafizah yang juga magister jebolan Kagawa University Jepang ini.

Sementara itu, pemateri kedua, Ustazah Citra, mengulas tentang makhroj dan sifat huruf. Pengurus Yayasan Cahaya Quran Salimah yang membawahi Rumah Tahfidz Balita dan Anak (Rutaba) Salimah Gorontalo ini secara panjang lebar menjelaskan beberapa tempat keluarnya huruf dan bagaimana cara melafalkan huruf-huruf hijjaiyyah.

Antusias peserta pelatihan terlihat dari keseriusan para calon musyrifah yang merupakan wakil dari berbagai majelis taklim ini mengikuti kegiatan yang dibuka pukul 10.00 dan ditutup pukul 15.00 Wita